Quadcopter a1 Build Log - Electronic Parts II -GPS

Tuesday, June 16, 2015 | |



Oke, GPS yang gw beli adalah UBLOX Neo 6M tanpa casing (sekitar 18$) GPS ini adalah GPS yang umum jadi pasangan buat APM -> walaupun seri LEA-6H jauh lebih bagus tapi lebih mahal, Nah GPS ini yang setengah mati setingnya. so bener bener kudu hati hati membeli produk Cina.
Nah GPS ini gw dapet di Ebay, Permasalah utamanya biasanya firmwarenya. jadi stock firmware yang ada nggak bisa dipake di APM.  Selain itu juga kabel (pelajaran didapat : baca Deskripsi di Ebay kalo belanja sesuatu).

GPS Ini dateng dengan kabel 6Pin yang seharusnya 5Pin sebenernya sh gak masalah banget bisa pake port GPS yang kedua (. tp ternyata posisi jalur kabelnya juga salah setelah di tes. makanya sampe 3 hari gw utak atik tetep aja nggk detek).
tanda kalo GPS tidak terdeteksi


Permasalah pertama : Salah Kabel
GPS ini punya 2 kabel. yang 4 pin itu untuk Compass jadi masuk ke i2c (ini biasanya gak bermasalah) nah yang kabel kedua itu yang untuk 5 pin /6 pin yang emang buat GPS. kalau emang harus diubah bisa pake kabelnya telemetry (klo gak salah dapet dua -> klo udah punya) nah susunannya ikutin


Setelah benerin susunan kabel itu cek lagi di apm (NOTE: cek di luar ruangan GPS ini agak (sangat) goblok kalo di dalam ruangan) klo udah tulisannya no fix sementara kita anggap gps udah kebaca. tapi klo masih belum juga. permasalahan berikutnya adalah firmware yang salah. untuk ini kita harus reflash firmware (supaya kebacanya keren padahal indonesianya itu format ulang) 

Permasalahan kedua: Firmware error

Untuk nanganin firmware error ini lumayan ribet juga. kita butuh software u-center dari ublox yang bisa didownload disini (khusus windows yang punya mac pinjem dulu windows :p) sama firmware nya disini .

nah untuk ini ada dua cara untuk nginstallnya yang pertama pake ftdi breakout + GPS cable = Ribet. karena banyak yang harus di beli + seting lagi, dan kalaupun nggk beli harus potong-potong kabel tapi klo penasaran bisa cek caranya di sini
FTDI Adapter                                                  FTDI- GPS Adapter Cable

Yang kedua pake flight Controller yang kita punya jadi kita ubah APM itu jadi FTDI Adapter ganti firmware sementara pake GPS UBLOX Breakthrough
1. Download firmwarenya di sini
2 Sambungin APM Ke Komputer via USB
3. Buka Mission Planner pilih initial config - load custom firmware (tanpa klik conect)

3 pilih firmware yang barusan di download.
4, Setelah beres tutup mission planner dan buka U-Center yang sebelumnya di download
terus sambung

Keterangan Gambar: 
1. 


Sedangkan buat test Kompasnya, ya tinggal diputar sedikit. liat arahnya berubah atau nggak tapi klo muter tapi agak error berarti di APM (flight Controller)  (baca tulisan gw sebelumnya ) udah ada on-board kompas juga jd harus dimatiin (untuk APM 2.5).
untuk cek step by step yang enak itu :

1 Pasang kabel GPS tp Kabel kompasnya jgn dipasang (yng nempel ke port i2c di APM) terus putera APM nya. klo pas diputer terus arahnya berubah brarti onboard compassnya nyala
2. pilihannya. matiin kompas onboard atau dipake.
2a. untuk matiin kompas onboard bisa lihat di

terus pasang kabel kompasnya

2b. klo pake onboard ya nggk usah di pasang kabelnya.

gw pribadi sih lebih pilih kompas di GPS supaya gampang di atur plus nggak kena gangguan interferensi dari motor.

klo udah beres kompas sama GPS. jangan lupa Kalibrasi awal pake Mission Planner di bagian Initial Config - Mandatory Hardware
baca juga di baca juga di http://copter.ardupilot.com/wiki/ac_compasssetupupadvanced/ ini bagian penting klo nggak mau oleng nggk jelas. (tetapi abis semua dipasang ke Armada / Frame kalibrasi ulang lagi ya)

gw lupa udah bilang belum alasan untuk satu satu ini supaya gampang check error per item. daripada langsung dipasang semua. ngeceknya lebih setengah mati.


Next Remote + Transmitter
 

1 comments:

Unknown said...

terima kasih gan