Quadcopter a1 Build Log - Electronic Parts I (bagian 2)

Thursday, April 23, 2015 | |

di seri ke dua ini pembahasannya adalah elektronik.

Berbeda dengan quadcopternya dji yang tinggal colok trs terbang, Ardupilot ini butuh banyak setup di awal, memang nggk harus keluarin kode2 pemrograman tingkat dewa 19, tapi setidaknya harus mengerti soal komputer lah supaya enak. selain itu juga harus biasa (atau biasain) untuk potong kabel - solder, tempel dan lain-lain.

dan kalo ada pertanyaan kenapa gw bikin build lognya dipisah pisah tapi nggak kronologis, karena sebelum masuk ke tahap perakitan, menurut gw lebih baik ngecek hardwarenya satu satu khususnya elektronik, daripada nanti udah dipasang terus harus bongkar itu jauh lebih males. 

Fight controller

Pertama itu dimulai dari Fight controller. Flight Controller yang gw pake itu APM 2.6 (yang ternyata 2.5) klon dari 3DR ardupilot, klo bisa beli yang asli mending yang asli ya di 3drobotics.com.

nah untuk bentuknya ada dua jenis. yang satu side pin yang kedua top pin


Kiri Side Pin                                                              Kanan : Top Pin
Flight Controller inilah yang jadi pusat semua parts elektronik lainnya kaya remote receiver, GPS, radio Telemetry (klo belum ngerti ada penjelasannya nanti), OSD, ESC yang mengatur motor dan PM / Power Module.


Untuk setting semua itu, Ardupilot punya aplikasi yang namanya Mission Planner yang bisa di donlot di http://planner.ardupilot.com/ .
Tampilang Awal Mission Planner

Mission planner ini juga bisa atur flight kita secara otomatis pake waypoint GPS yang kita tentukan (jika selesai rakitannya)

nah untuk awal ini kita akan pake Mission Planner untuk setup semua sistem dulu.

Pertama. Upload firmware ke APM (kata ini akan dipake terus buat gantiin : flight controller) caranya pasang USB dari laptop ke APM pake kabel usb kecil android / bb (posisi di samping analog) .Setelah menyalakan flight planner klik di Initial Setup dan pilih bentuk quad copter 

Pilih model quad ( ardupilot V x.xx quad) atau hexa atau bentuk lainnya (kalau pilih bentuk lain brarti kayaknya nggk usah ikut panduan ini x_x) dan dia akan otomatis upload firmware terbaru  (pastikan konek ke internet karena dia akan download firmware itu terlebih dahulu)

Jika sukses akan ada tulisan done dibawah garis putih.

Sebenarnya bisa menggunakan wizard yang langsung semua tahap sekaligus kalibrasi. tapi sebaiknya wizard itu dipakai kalau semua part sudah pasti terpasang dengan benar dan sudah benar. jika beli di Ebay / Aliexpress. rata-rata harus di konfigurasi ulang. dan wizard malah bisa bikin kacau x_x

3DR Power Module

hampir tidak ada setingan untuk power module ini. kita cuma perlu mencantumkan di Mission Planner (initial setup - Mandatory Hardware) kalau kita pake Power Module ini. Power module ini dipasang dari baterai (warna kuning) ke Power Distribution Board /PDB (warna kuning) yang kemudian akan mensuplai listrik ke ESC dan motor (akan dijelaskan di bagian Motion System). dan kabel hitam tersebut lah yang akan dipasang ke APM




Telemetry

 Telemetry ini fungsinnya supaya kita bisa men-seting quadcopter ketika quadcopter itu sedang terbang (on-the-fly) dengan menggunakan sinyal 915mhz atau 433mhz (tergantung yang dipilih). untuk mengaturnya menggunakan software Mission Planner juga (satu masuk USB satulagi ke APM)
 

Kiri = Versi 2                                                           Kanan = Versi 1

Untuk telemetry juga nggak perlu di seting cuma aktivasi di Mission planner (initial setup - Mandatory Hardware) , karena otomatis tapi pastiin antena terpasang kalo sedang aktif karena bisa bikin board terbakar karena konslet. karena ternyata antena membantu membuang panas yang dapat menyebabkan board itu konslet ->(edit: update: ternyata ada setingan jg -> di edisi berikutnya)
PASTIKAN ANTENA TERPASANG
kelebihan lainnya adalah bisa juga di setting pake android lewat USB-to-go dan pake apps droidplanner (belum dicoba, nanti update). yang biasa bermasalah adalah kabelnya. klo beli di ebay yang dikirim dari cina. kabel yang dikirim biasanya sembarangan, jadi cek masing2 kepalanya (khususnya untuk yang receiver yang terpasang ke APM) pastiin itu 5-pin (karena telemetry itu 5 pin).

Next GPS -> setengah mati yang ini.




.

1 comments:

Anonymous said...

mas gpsnya gimana ya ?