Quadcopter a1 Build Log - Electronic Parts III - Transmitter - Receiver (I)

Tuesday, June 16, 2015 | |

Di sini gw pake remote turnigy 9xr transmitter module XJT sama receivernya X8R. jd mungkin ada sedikit beda dari yang lain.

hobbyking.com

Transmitter Turnigy 9xr
Turnigy 9XR itu remote yang sebenernya murah dibanding futaba, hitec, graupner, dll. tp bwt gw sh itu cukup karena bisa dibilang modular, mulai dari firmware yang bisa diganti module yang dipilih terrgantung pilihan. minusnya adalah, ya karena murah dia banyak pake sparepart yang kurang bagus, sering kali ada masalah di stick yang kendor, nggk center setelah dipakai.

pada kotak pembelian, cuma dapet Transmiter, kertas manual kecil sama vibration pad (yang akhirnya gw tau untuk apa) jadi harus beli baterai dan module TX & RX nya jg.
untuk baterai bisa beli yang baterai khusus Turnigy 9xr atau pake lipo batery 3s apa aja selama discharge rate 8c kebawah (bukan yang di pakai di drone nya ya) gw pake sh wild scorpion 2200 8c karena susah cari yang turnigy itu di indonesia. (untuk baterai nanti ada edisi postingan lagi)

Remote ini ada 2 jenis. mode 1 dan mode 2. untuk mode 1. throttle itu ada di sebelah kanan ( Stick yang tidak ada per untuk vertikalnya) dan mode 2 dengan throttle di kiri (lihat gambar di atas)

setelah beli, bisa langsung kalibrasi dulu untuk memastikan stick bisa center di menu. untuk manual mending donlot di hobbyking daripada baca yang kertas cuma satu lembar itu.

Banyak orang yang langsung flash firmware /ganti pake opentx atau er9x tp menurut gw sh klo emang awal ya nggk perlu apalagi cuma pake model (armada) 1-2 biji masih aman kq. 

Mixer untuk APM.
Untuk setting quadcopter gimana motor itu yaw, roll, pitch, dll itu harus di atur juga di mixer remote turnigy 9xr. nah daripada gw nulis panjang-panjang ada tutorial bagus 
di website kiloohm.com/ .
untuk gampangnya sh gw kasih screenshotnya ya


di tahapan mixing ini masih belum perlu dipasang transmitter / receiver atau konek ke APM, karena masih mengatur di Transmitter sendiri (yang pasti sih butuh batre)

Transmitter & Receiver Module

Alasan gw pilih XJT dan X8R karena bisa dibilang ini produk terbaru dari Frsky (baca: penasaran), dan frsky untuk awal cukup bagus juga karena range nya banyak. untuk transmitter modulenya (XJT tinggal tempel ke belakang body turnigy 9xr
untuk X8R emang pasangannya karena untuk kebutuhan telemetry kedepan (baca: belum kebeli), mereka support telemetry dengan sistem S.port yang tinggal sambung-sambung antar sensor daripada frisky sebelumnya yang harus pasang lewat hub yang gw anggap sh nambah berat di drone nya

Receiver X8R


XJT Transmitter Module

Catatan kalau Transmittter modulenya dipasang ke Turnigy 9XR pastikan antennanya jg terpasang, atau kebakar

dan untuk antenna x8r itu sebaiknya posisinya 45* atau huruf V supaya gampangnya beli aja dudukan








Selanjutnya menyambungkan semua perangkat elektronik

0 comments: