Quadcopter a1 Build Log (bagian 1)

Thursday, April 16, 2015 | |

Setelah belajar dari mbah gugel soal DIY Quadcopter, akhirnya gw memutuskan untuk bikin dengan  belanja part di ebay / aliexpress / banggood. Cara belanjanya adalah dipisah-pisah semuanya dibawah 50$ (termasuk biaya pengiriman).

Sekilas tentang Quadcopter yang gw bikin:
yang bikin gw tertarik untuk rakit ini karena artikel Open Source flight controller quadcopter. Jadi, berbeda dari quadcopter yang dijual di publik kaya dji atau lain-lain yang punya commercial lisence, hampir semua electronic parts yang digunakan adalah model opensource (apa itu opensource -> gugling aja)

logika sederhana (gw).
quadcopter itu brarti pesawat yang diterbangkan menggunakan 4 motor (quad=> 4) dan dia butuh komputer sebagai alat kalkulasi semuanya supaya pesawat itu bisa maju, mundur, naik turun dsb yang disebut flight controller, flight controller juga berfungsi mengartikan sinyal dari remote (karena ini terbang kita gak bisa ikut terbang untuk ngatur arahnya kan?). bagian dari remote yang ada di pesawat disebut receiver. mereka diberi tenaga oleh baterai.

baterai juga dibutuhkan untuk menjalankan motor, tapi motor gak bisa secara langsung nerima energy dari batre, makanya harus ada regulatornya dan itu disebut ESC (electronic Speed Controller) ESC ini yang juga disambungkan ke Flight Controller.

untuk memberi informasi ke bawah. ada 2 cara. yang pertama data dan kedua audio visual. untuk data, menggunakan telemetry yang bisa di lihat di laptop / gadget (ground control) termasuk data posisi pesawat kalau kita pasang GPS juga. sedangkan audio visual menggunakan kamera yang juga bisa disisipkan data menggunakan OSD (On-Screen Display ) dan dikirim lewat Transmiter AV. yang kemudian diterima oleh Receiver di  darat yang ditempelkan ke monitor. jadi kita bisa lihat video yang direkam langsung dari udara di monitor sebelah kita.

gampang kan. (edit: Kenyataannya setingnya lebih setengah mati)

dibawah ini part list yang gw beli untuk jadi 1 drone


Electronic SYSTEM FRAME
APM 2.6 flight controller (clone), $36.50
Apm power module, $8.09
Motor 2212 930kv, $15,66
ESC SIMONK 30A, $29,99
Power distribution board (ganti kable splitter
90ribu)                    
Propeller 10x4.5 $6.00 -> ( 2 set biat cadangan)
UBLOX GPS neo-6m $19.09
Lipo 3S 11.1V 5200MAH 30C $41.24

HJ MWC X-Mode Alien Quadcopter Frame Kit $22.00
Landing Gear $4
Gimbal *belum*
RADIO SYSTEM FPV
Turnigy 9XR * $90*
frsky 2.4ghz  xjt Transmitter  US$40.08
frsky 2.4ghz  x8r Receiver $ 39.98
3DR 933 Telemetry $22.59



Tambahan:
spliter osd $4.00
ftdi breakout (untuk seting minimosd )$4.00
MaVLink Minimosd $13,99
Camera $ 19.00
AV Transmitter -BOSCAM TS35 *belum*
Receiver RC305 Boscam $ 14.58
7 inch monitor $34 (belum

Kesulitannya adalah, ketika pesan Remote dan Baterai.
yang pertama remote sulit masuk karena harganya diatas 50$ urusan sama pajaknya bakal ribet dan siap2 harus bayar kurang lebih 30% dari harga dikurangi 50$ (yang bebas pajak)

Sedangkan baterai dianggap barang berbahaya (itu juga alesan susah import barang-barang kaya hape dll atau apapun yang ada  batrenya.) jadi saran, mending beli di Indonesia klo punya uang lebih. banyak jg kq yang jual,

pembelian ini gw start itu bulan januari dan masih berjalan sampe skrng, shipping itu sekitar 2-4  minggu. jadi belanja pas gajian datang barangnya pas gajian lah, sabar-sabar aja lah. karena sampe skrng blm semua dateng jg.

selain yang utama di atas. masih ada juga barang-barang yang harus di beli, kaya kabel, konektor, solder klo ada yang di solder, dll. yang bisa di dapetin di toko listrik makanya gw gak tulis diatas



0 comments: