Demam quadcopter

Thursday, April 16, 2015 | |

Mulai awal tahun ini, gw mendadak kepikiran buat bikin yang namanya multicopter, atau orang biasa bilang sih drone, drone itu sebenernya pesawat yang digerakan sama remote, peruntukannya macem-macem, mulai untuk professional untuk pemetaan hutan/ladang/laut, atau shooting video/photo, atau Untuk Selfi (buat orang-orang yang level narsis tingkat dewa ).

Drone berawal dari dunia militer, yang pastinya untuk memenangkan perang, baik untuk mengambil informasi ataupun perang langsung (udah bersenjata) -- > ; inget fast and furious 7, dengan tujuan mengurangi korban perang (dipihak pemilik drone).
Di dunia konservasi, drone bukanlah barang baru, udah dari dulu dipake buat pemetaan wilayah atau pun datang ke daerah-daerah yang dianggap sulit untuk didatangi manusia. baca lebih jelasnya di http://conservationdrones.org/

Sedangkan penggunaannya di bidang media, salah satu contoh yang sering pake ini adalah National Geographic aja sering kali menggunakan drone untuk mengambil footage yang sulit untuk manusia dan kurang efisien kalau pake helikopter (jelas aja duitnya banyak x_x).

Di Indonesia sendiri, saat ini juga lagi demam2nya, karena adanya drone yang dijual secara publik, mulai dari ukuran hape sampe ukuran lebih dari 1,5 meter. bahkan pak Jokowi juga pesen drone buat menjaga perairan Indonesia, yang katanya impor langsung dari Amerika (cari aja di kompas ya)

untuk contoh drone yang dijual secara publik dan banyak dipake juga sampe sampe ada komunitasnya itu DJI Phantom -> cari aja di facebook, atau yang model cinanya kaya cheerson, hubsan dan lain lain.

Penggunaan drone di Indonesia, banyak drone dipakai untuk pemetaan (kerjaan orang LSM lagi) , ada juga beberapa program tv yang menggunakan drone untuk keperluan footage mereka contohnya adalah beberapa program travelling yang ada di tv.


Tipe drone sendiri yang umum itu 3. pertama fixed wing, yang kurang lebih keliatannya kaya pesawat biasa. nah pesawat yang ini yang bisa terbang paling lama. bisa sampe 1-2 jam malah, bahannya biasanya EPO, EPS (bahasa indonesia: Styrofoam) yang sangat ringan jadi

Fixed Wing - taken from http://conservationdrones..com


Model kedua itu helikopter, yang bentuknya kaya..... helikopter, jadi gak usah di jelasin kan. yang pernah gw liat sh ukurannya 700mm ato ampir satu meter lah. lumayan gede lah.. nah untuk helikopter gw blm pernah coba yang gede. paling yang maenan kecil yang dijual di mall tapi ya intinya mirip lah.

yang terakhir itu model multipcopter, sama kaya dji phantom itu, tp lebih low budget (sebenernya sh nggak) dan lebih bisa dicustomized. untuk multicopter ini ada macem2. mulai dari quad copter ( 4 baling baling) hexa copter ( 6 baling-baling) octocopter (8 baling-baling)  sampe hexadecacopter (itung sendiri).  yg gw bikin saat ini  masih tahap basic quadcopter, yang penting bisa terbang stabil sambil bawa kamera kecil.

saran gw klo mulai tertarik pake drone, coba dulu yang udah dijual di pasar. klo udah ngerasa yakin / ngerasa yang dijual itu kurang mumpuni ,baru coba bikin ato naek kelas. karena susah banget rakit quadcopter sendiri apalagi barang2 yang dibeli dari cina. harus bisa fisika (ngitung kabel) - Elektro (nyolder)- Komputer (seting)- plus sabar.. karena barang dari cina sampenya 1 bulan..


x_x







0 comments: