Krakatoa. (Draft dari beberapa tahun yang lalu)

Monday, March 9, 2015 | |

Setibanya di rumah dari kejurnas arung jeram di Citarum pada pukul 00.21 badan terasa sangat pegal dan mengantuk. Godaan untuk tidur sampai pagi datang sangatlah besar.. tp apa boleh dikata.. tugas negara menunggu. tidur cuma sejam mana ada enaknya... eh ternyata. tanpa sadar mata gw merem..

sadar sadar tuh gw dibangunin sama nyokap jam 2 pagi. langsunglah siap2 packing sedapetnya plus mandi abis dan berangkat menuju airport hotel untuk menjemput pasangan bule yang  mau berangkat ke krakatau sambil mata masih merem

Menggunakan bus damri dari terminal samping Botani Square bogor keberangkatan pertama yaitu jam 3 pagi.. eh ternyata sampe sana kecepetan. Perkiraan sampai jam 5 pagi. Jam 4 pagi sudah sampai. ya gw nunggu lah di lobi Jakarta Airport Hotel. gara2 standing AC dan sama sofa yang menggoda iman. akhirnya gw ketiduran lagi di sofa lobi. sampe akhirnya salah seorang karyawan ngebangunin gw bilang tamunya bakal terlambat keluar dari kamar

dan Jam 5 supir yang akan mengantar ke carita menelpon dan bilang masih dikantor untuk mengambil barang2.. dan perkiraan akan sampe jam setengah 7 lewat.. darr... pagi2 udh dikasih masalah kaya gini. gw langsung mikirin alesan supaya tamu nggak sewot gara2 mobilnya telat.

ternyata satu masalah menjadi keuntungan buat masalah yang laen.. ternyata mereka bilang terlambat keluar kamar th karena water heater di kamar yang dipakai sama tamu th gak nyala, jd mereka sempet ribut2 dulu th di front office jd gw gak perlu ikutan mikir ribet. gw pun mendadak ngantuk lagi.. sampe.. BRAKKKK... tamu cowo itu ngegebrak meja front office yang dilapisin marmer.. jadilah gw gak ngantuk lagi. dan mobilpun akhirnya dateng.. gw jg jadi sedikit lebih tenang... cuma agak takut aja orang itu jd badmood sepanjang perjalanan.

Setelah masalh itu selesai, kita siap2 brangkat menuju carita.. ternyata orangnya sangat ramah..n banyak cerita2 tentang perjalanan dy sebelumnya.  tp mata blm bisa diajak kerjasama, jd gw mencoba untuk untuk nyolong2 tidur.. sampe satu kejadian.. DRIVER GW GAK TAU JALAANN..brapa kali muter2 jalan dan si tamu gw th ngeh soal itu.. gw dibangunin sama dy n dy nanya.. sampai kapan kita akan muter2 disini.. gw yang baru bangun kan bingung.. n nanya sama supir.. gmana nyasar bukan.. dy ngeles nyalahin orang nggak ngasih jalan pas belokan.. gw bilang yaudh yang cepet.. gak pake puter2 bilang klo gak tau jalan.. dan gw pun bilang ke tamu klo td ada kemacetan terus kita gak bisa langsung ambil jalan masuk ke tol

sebelum sampai carita, kita sempet belanja di indomaret gw tanya mereka mau minum atau apapun, yang perempuan minta liquor yang nggak mungkin lah dijual di Indomaret. akhirnya mereka hanya minta minuman ringan bwt dibawa. Akhirnya sampailah di carita sekitar jam setengah 11an. Tanpa masalah yang berarti. dan boat pun siap untuk menjemput kita. ternyata. masuk darmaga di carita harus pake acara bayar mooring fee. walaupun cuma sekedar menjemput. yaa satpam itu minta 200 ribu, setelah nego dan ngakalin dia yang ternyata nggak bisa nulis, gw akhirnya bayar cuma 50 ribu.

pas naek di kapal, ternyata gw baru ngeh. tuh orang bawa dua koper waterproof gede, plus dua tas kamera, plus printilan printilan.
dan melajulah kita keluar dari darmaga, selama perjalanan gw liat-liat situasi dan nanya nanya ke kapten kapal, sejauh pandangan sih ombak nggak terlalu besar pas berangkat. Malah bisa dibilang sangat tenang, langit jg cerah banget, gak ada tanda tanda mau hujan, gw tanya juga kondisi krakatau dan cuaca beberapa hari sebelumnya, kaptennya jg sempet liatin foto2 krakatau sehari sebelumnya, karena ternyata kapal itu sudah sehari sebelumnya disitu karena kapal tersebut dari sumur, ujung kulon.

pas mendekati krakatau, sambil liat kepulan asap dari krakatau, gw mikir untuk pindah rencana tempat nenda dari yang awalnya di pulau sertung, jadi di Rakata besar karena menurut gw secara fotografis keren banget. *padahal gw yang takut klo asapnya ke arah tenda

Setelah sekitar jam 2-3 perjalanan. kita udh sampe di pulau Rakata. gw mulai persiapan nurunin barang barang nyiapin life jacket buat tamu. soalnya kapal emang nggak bisa ngerapat di pantai karena nggak ada darmaga, jadi kita harus transfer ke pulau pake kano kecil.yang dikasih bambu di kanan kirinya ( lupa gw disebut apa yah). eeh. tiba tiba tamu yang cewe langsung nyemplung gitu aja ke laut pake bikini dan langsung berenang ke pantai. sempet kaget gw. pas nanya ke cowonya dia bilang, bininya jago berenang kq. jd santai aja.

setelah peristiwa itu gw fokusin gw nurunin lagi barang-barang yang laen. Sedangkan untuk tamu gw, dia lagi ribet sama prabot lenongnya (baca ; peralatan fotografi yang kalo diitung bisa seharga 4 avanza.) yang isinya sampe 2 tas kamera plus tripod gede yang bisa dipake buat bikin sapi utuh jadi dengdeng sapi kali beratnya yang dimasukin ke drybag. Setelah brapa kali bulak balik akhirnya semua barang yang diperlukan udh di turunin termasuk dry bag punya orang itu yang isinya kamera.. yang segede karung beras 50 liter kali gedenya..

Sampai ke pulau, gw langsung siapin snack sama minuman sambil nunggu koco (asisten gw) yang lagi masang tenda. dan tamu gw nyari posisi yang enak buat foto, sambil nenteng- kamera dan tripod gedenya,

Ternyata kerjaan guiding kali ini jauh lebih santai.. gw bsa tidur terus. paling kerja cma pas bagian sebelum makan doank . soalnya tuh orang fotografer yang kerjanya cuma duduk doank pinggir pantai sambil fotoin krakatau yang lagi meletus. gw tanya mo snorkling dy nggak bsa brenang.. sedangkan istrinya gw tanya mo ke spot snorkling ato nggak, dia bilang dia bakal snorkling di pinggir pantai aja. jd gak usah pake kapal buat ke spot snorkling. yah enak benerr hidup ini :D

agak sore tiba2 ada kapal nelayan yang ngalangin katanya, gw disuruh ngusir nelayan, gw bilang aja klo gitu ngasihnya kira-kira 100ribu soalnya mereka juga cari uang juga, dan bule itu ngasih 50 dolar, ya gw bingung sendiri, gimana ceritanya nelayan di kasih dolar, yaudah gw kasih duit 50rebuan dua ke orang kapal buat nyogok nelayan itu supaya pindah.

Sampe malem pun dy tetep nyangkut di tempat yang sama dari awal dia datang. bahkan pas makan malem pun dia minta makanannya disediain di tempat dia foto. kita pun sempat ngobrol, dia juga ngasih tahu beberapa teknik foto landscape dan wildlife yang memang merupakan spesialisasi dia,  sambil sesekali dia pencet remote. emang sh banyak foto2 bagus yang dy liatin ke gw, dan gw mencoba berpikir positif, klo gw punya peralatan tempur sebanyak dia. gw pasti bisa dapet foto sebagus itu juga. Sekitar jam setengah 10 malem gw disuruh tidur duluan karena dia masih mau foto,

Day 2

Gw bangun subuh untuk siapin sarapan, eh ternyata yang laki sudah standby di pinggir pantai. sedikit ngobrol2 dia cerita tadi malem dapet foto keren ( menurut dy), pas gw liat ternyata foto itu keren abiss.... pas gw tanya jam brapa foto ini dy bilang dapet jam setengah 11 kira2. wah udh tidur ke mana tau gw.. jam setengah 10 aja udh tidur.

Agak siang  gw tawarin buat trekking ke anak krakatau. ternyata dia gak mau.. dia bilang terlalu berbahaya.. (emang sh.. tp kan udh ada di program daripada gw disalahin) yah gw tawarin aja buat muterin pulaunya itu.. dia mau.. brangkatlah dia dan istrinya tanpa perabotan lenongnya sama sekali lumayan aman juga sh, selain gk ada orang lain selain kita ada yang gw suruh jaga jg sh tuh tenda sama alat-alatnya. jaga- jaga lah daripada suruh ganti perabotan yang hampir setengah em rupiah harganya.

Setelah satu putaran dia bilang ok balik lagi aja ke pulau dan minta klo ntar sorenya buat muter lagi sambil foto2. yah gw sh ok aja.. paling perahu mogok terus gak bisa pulang :p. Gak masalah kan.

di sore harinya, dy bawa lensa 24-105,   karena ombaknya mulai pasang. dan agak sulit buat dia foto sambil berdiri, Jadi aja gw suruh duduk di dalem ban yang biasa jadi ganjelan prahu. eh nurut dia :p. dan dia malah bilang tempat itu enak dan stabil buat ngambil foto, nggak kepikiran selama ini ketika dia jalan-jalan ke tempat tempat laen, (yaiyalah, kayaknya indonesia doank yang jadiin ban mobil buat ganjelan perahu). pas dia mulai foto di bagian belakang perahu,  gw bikin kopi di perahu bagian depannya. buat gw sendiri tepatnya :p

Sekitar jam setengah lima, setelah puas muterin pulau rakata kecil / atau anak krakatau,  minta langsung pulang ke tenda. gw langsung bilang ok, karena gw pun harus nyediain makan malam buat mereka. sesampainya, dia langsung memasang tripod, dan kamera di tempat yang sama dengan kemarin dia foto, dan dia bilang tempat kita nenda bener-bener tempat yang terbaik buat foto krakatau, dalam hati gw pikir, "iye kalo lu punya lensa 600mm klo gw yang pake 135, mana dapettt... "

setelah siapin makan malem dan snack buat nemenin dia foto, gw tidur-tiduran di matras yang gw pasang di pinggir pantai jg :d. Indahnya dunia.. jam 9an gak gerimis di deket tenda kita.. tp dy tetep aja nongkrongin th krakatau yang meletus dikit-dikit, gw sama koco mulai nyiapin flysheet supaya dia bisa tetap motret, tapa kehujanan.

Di bawah flysheet yang udh disiapin. Sambil ngobrol2 bentar. dia cerita soal trip dia sebelumnya ke bromo dan ke kalimantan,  dia juga cerita dia menyesal bawa lensa 1200nya (demm.. ternyata masih punya lensa yang lebih mahal dia.) dan kita pun ngobrolin soal jadwal besok pulang. Dy cerita soal ada flight lagi jam 5 sorenya.. gw langsung ngitung jadwal. Kayaknya sh cukup klo brangkat dari situ jam 7-8 pagi.. yah abis itu gw pamit tidur lah dengan pembicaraan yang menggantung sampe situ..

Paginya packing dan brangkat sesuai jadwal. Ternyata ombak di laut lagi gede.. ada angin barat yang lewat katanya. Perjalanan berangkat yang cma 2,5 jadi 3,5 jam. Tapi semua aman. Kecuali basah gara-gara kena ombak. sesampainya di carita mereka minta hotel buat ganti baju + water heater buat mandi. ternyata ada didepannya.. hotel dan sunset cafe agusta ato apa gitu namanya..

Gw datengin duluan untuk mastiin harga plus air panasnya nyala ato nggak.. daripada dimarahin gak jelas gara-gara gak ada air panas (dan di mobil gw ngobrol lagi, ternyata air panas memang krusial buat mereka).

Gw ngobrol lah sama resepsionis cewe. keliatan banget masih muda kayaknya baru lulus sma pas itu..  menarik dan menggoda tuh orangnya. Putih, lumayan tinggi, mungkin cocok jadi model. Setelah ok (kamar dan water heaternya bukan cewenya). Tamu masuk lah ke kamar buat mandi ganti baju plus packing ulang.

gw pun nanya ke resepsionis untuk mandi juga.. (bukan nawarin/ ngajakin./ ato nyuruh mandi ) tapi gw mau mandi n nanyain kamar mandi kosong bwt gua tapi yang nggak pake bayar.. n dia nunjukin ke belakang. tempat bilas kolam renang gitu,  lumayan ada kamar mandi dsana. Gak bagus kaya dalem kamar hotel.. tapi lumayan lah.

setelah gw beres mandi gw cek ke lobi. Ternyata blm beres jg th orang keluar dari kamar.. yaudh gw cari makan aja.. n nitip pesen ke resepsionis yang itu.. lumayan deh ngobrol2 bentar..pas gw tanya namanya siapa. Dy jawab aat.. yaah. Mendadak serem gw..( ini cewe ato cowo).. kq namanya aat.. setelah pengalaman sebelumnya di ujung genteng, banyak banget bencong , temen gw soalnya ada cowo yang namanya aat. Takutnya dy nyamar. ya ngeloyorlah gw dari situ.

Jadi lah gw makan di makanan padang depan penginapan itu..lumayan murah.. apalagi gw dibayarin :D. makan pun beres.. tetep aja tuh orang blm keluar.. gw ketok lah pintu th.. baru mereka bilang klo udh siap dan langsung dh kita brangkat menuju airport langsung..

di jalan dy bilang klo ternyata flightnya th jam 7 malem . bkn jam 5. jadi agak lebih tenang dh. Tapi sengaja gak gw bilang ke driver. Jadi dia tetep cepet. niatnya sih supaya tamu th bisa istirahat di airport.. eh bener. Ternyata pake acara nyasar segala.. masa muternya di taman anggrek dari carita, nggak langsung lewat belakang, jadwal macet pula.. yah alhasil sampe airport jam 5 kurang dikit..

setelah nurunin barang-barang, nemenin mereka checkin, + pamit. Gw ke money changer bwt nukerin dolar tips yang dikasih bule untuk ongkos damri gw balik ke bogor.. eh ternyata supir minta beliin bensin soalnya abis katanya.. tar diganti katanya.. yaudh lah.. gw kasih 50 malah minta 100rebu.. yah brangkat duit kosong balik jg gak pegang duit jadinya.. dari 15 dolar itu kan dituker jadi 145rebu.. 100 rebu kasih driver + damri 30rebu +15 rebu buat makan. yang penting jalan2 plus bisa sampe rumah deh.. untung punya duit serebuan yang lumayan banyak untuk ongkos angkot di bogor, walaupun sebenernya masih ada 50 dolar yang dikasih bule buat ngusir nelayan pas di pulau tp males aja klo harus ke money changer lagi kan

dan sampailah gw di rumah sekitar jam 9 malem. dan disitulah cerita berakhir..

jd kemaren th gw gak keluar duit sama sekali.. bukan gak keluar duit.. emang gak ada duit.. baru sempet ambil transferan buat operasional aja di Indomaret sebelum carita,  kan snack aja gak beli.. kopi bwa dari rumah, gula bawa dari hotel mirah yang dapet nginep gratisan dari si eca yang seminggu sebelumnya meeting di situ, *padahal gw jg gak inget bawa gula*