|Thai| 1st day..

Tuesday, October 13, 2009 | |

Sepotong cerita dari thailand

kemaren Kira-kira 2 bulan yang lalu,  gw sama masopang akhirnya berangkat ke negri gajah putih setelah perencanaan yang matang (kah ?) selama satu tahun.. sebenernya perencanaannya th satu minggu. Tp tiketnya udh dapet dari tahun kmaren..

Perjalanan gw dimulai dari bogor dengan naek bus damri tujuan soekarno hatta yang jam 11.30. yang gw estimasikan bakal sampe bandara pada jam setengah tiga. Untuk naek pesawat yang jam 4.20 sore.eh ternyata.. karena jakarta masih kosong akibat serangan bom ke beberapa hotel, jadilah gw sampe sana sebelum jam 1 kurang lebih. Nunggulah masopang di McD bandara sekalian makan siang ceritanya .. kemudian datanglah sesosok dirinya satu jam kemudian. Yaitu jam 2 lewat. (kayaknya waktunya bener deh.. soalnya buku notes gw yang mencatat semua cerita disana ilang pas acara JPI)

Mulai checkin jam 3an lah mengurusin segala hal yang harus dilewati di bandara lah..untungnya gak diperibetkan dengan pemeriksaan berlebih akibat bom atau plu babi yang saat itu lagi “hip” dibicarakan orang2..  Menikmati pemandangan matahari tenggelam di dalam pesawat memang menarik..

sempat beberapa kali foto pemandangan yang jarang sekali didapat kecuali untuk orang2 yang nggak ada kerjaan dan kelebihan uang yang iseng2 naek pesawat buat foto sunset.

Setibanya di bandara ShvarnaBhumi Bangkok pada pukul 20.15. (sesuai dengan waktu yang tertera pada tiket yang gw pegang ) gw langsung melakukan ritual yang umum sekali dilakukan.. yaitu nyari WC.. bukan kebelet sh.. cma iseng aja pengen tau wc dbandara sana kaya gmana.. Ternyata kotor wcnya.. walaupun lebih modern dari wc yang ada di soekarno hatta. Tissu berceceran dimana2 dan genangan air terlihat di lantai..

Ritual cari wc udh beres dilaksanakan.. kita langsung capcus ke bagian baggage claim buat ngambil perabot lenong kita. Ada jg sh beberapa titik yang pakai kamera detektor panas tubuh (bahasa kerennya apa sh?) yang untuk antisipasi pendatang yang datang dengan membawa flu babi. Tp untungnya gw gak ditangkep disana. :p

Pas mo check out. Ternyata sama aja.. disana kita tetep aja ngantri. Lebih panjang malahan.. soalnya pembagiannya adalah loket untuk pemegang passport thailand dan pemegang passport asing.. dan di loket passport thailand kosong banget.. n di loket passport asing.. udh kaya antri sembako (dengan cara yang lebih manusiawi tentunya). eh sempet juga disuruh foto waktu nyerahin passport (*norak ceritanya)

Brangkat keluar bandara untuk cari  AE 4 - > bus airport ekspress yang berangkat ke stasiun hualampong yang di indonesia bisa disebut DAMRI. Eh ternyata baru bakal dateng sekitar 45 menit lagi. Sedangkan waktu saat itu udh menunjukan jam 9.Terpaksalah kita naek taksi yang lepelnya sh mendingan taksi indonesia kemana2 klo dibandingin - > berdasarkan sample naek bluebird/express/pusaka.

Taxi th bayarnya 300 Baht berdua klo gak salah.trz sampe sana pas jam 10 kurang beberapa menit. Langsung lari ke loket untuk beli tiket ke Chiang Mai. Tiket yang kita beli th tiket kelas 3 yang klo di indonesia sebenernya kondisinya sama kaya kereta ekonomi jarak jauh (misal tawang jaya, matarmaja). Sempet salah jalan sh malah ke lantai dua yang isinya kafe pas cari peron kereta. Akhirnya kita harus melakukan sa’i (lari lari kecil ) untuk ngejar kereta yang udh mulai jalan (tepat waktu banget cuy..) pas jam 10.00

Kondisi keretanya th gerbong bagian paling belakang adalah sleepers train yaitu kereta dengan posisi tempat tidur, dilanjutkan dengan sleepers train kelas 2. dilanjutkan dengan kelas bisnis, baru deh kelas 3. di daerah depan. Naah.. di bagian belakan sampe kelas bisnis tuh isinya emang bule doank.. sedangkan di kel as 3 adalah orang lokal thailand (plus gw dan opang :p). Sangat di rekomendasikan untuk naek sleepers train. Ato minimal naek yang bisnis supaya badan gak encok.. memang sh gerbong kelas 3 disana th gak sepenuh kereta di indonesia tp teteub aja pegel. Plus dr bangkok jam 10 malem itu baruakan sampe ke ChiangMai jam 1 siang besok siangnya.. n yang jualan di sana th cuma satu orang bulak balik nawarin mulai dari makan, minum, dan bantal.. gak kaya di kereta ekonomi jabotabek yang segabreg gabreg penjualnya..

Buat orang yang konsern soal halal ato nggak mungkin mending beli di bandara. Disana ada stand yang jual moslem food. Trz dibawa deh ke kereta. Soalnya penjual di kereta nggak ngerti bahasa inggris kayaknya.. apalagi bahasa sunda.. jd percuma..

Akhirnya. Sekitar jam 1 siang tiba juga di Chiang Mai. Dengan posisi udh mati gaya. Pan*** pegel duduk segitu lama..  bersukur sekali bisa menjejakan kaki di tanah..

--- keuntungan jalan kejar storan kaya gini th adalah menghemat ongkos nginep di hari pertama. Jadi di kereta tidur.. tp klo di kelas 3 kaya gitu.. gak ada enak2nya. Tidur sh tidur cma pegel2 jg..---

Setibanya di ChiangMai. Tempat yang di tuju pertama adalah WC “lagi”. Sebenernya sh untuk cucimuka. Eh nemu ATM kondom dsana.. bagus jg yah idenya. Disediakan di wc. Jd orang pun gak malu banget klo ngambil dibanding beli di supermarket dengan yang jual cewe pake kerudung pula (bukan bermaksud SARA).

Keluar stasiun.. cari makan dulu nemu tempat makan di pinggir stasiun (halalitas dikesampingkan sementara) Nemu lah satu tempat makan yang gw gak tau namanya.. dy sh yang jual ibu2 sedikit genit gitu :p ngajak2 ngobrol jg. Cma jadinya kaya lagunya “sodre loche - two way monolog” alias gak nyambuung.  Untuk makanan, gw pesen “tom yung gung” ato” kung” ?? apapun lah bahasanya.. ternyata rasanya hampir sama kaya yang gw pernah pesan di salah satu tempat makan di bogor :p.. ditemani iced chocolate sebagai minumnya.. gw pun makan dengan lahap (jelas lapar terakhir makan jam 2 siang hari sebelumnya).

Setelah makan kita pun mikirin soal kendaraan untuk berangkat ke kotanya. Soalnya disana tuh terminal bus dan stasiun ato bandara terletak nggak di tengah kota.. tp lumayan jauh di daerah pinggiran kotanya.. Dan ternyata klo kita pake Tuk-tuk dari situ ke hotel mereka seneng banget soalnya mereka dapet tips lagi klo bawa tamu ke hotel. Tp pas kita bilang blm reservasi hotel.. eh tuh tuk-tuk pergi begitu aja.... yah.. dengan beberapa cara yang plus diribetin sama si ibu2 tukang warung itu.

Akhirnya jatuh lah  pilihan kita ke songthew (locally speaking : angkot tanpa trayek) untuk berangkat ke TAT ato Thailand authorities of tourism. Dari situ baru deh kita cari penginapan.. ternyata deket jg dari TAT. Di situ merupakan tourism area jg. Jadi ada money changer yang gw rekomendasiin deh buat ratenya

Gak jauh dari situ lah kita nemu penginapannya.. Kim’s house. Yang awalnya sempet liat liat beberapa penginapan lain di sekitar situ.. tp pilihan jatuh ke guesthouse yang satu ini.. setelah mengurusi soal administrasi, kita masuk kamar yang berada di lantai 3 untuk Bersih2 plus istirahat dulu disitu sambil nunggu malem untuk maen ke nite bazzar dan sekalian cari makan malem..

Ceritapun berlanjut di episode selanjutnya...

Mesayu Zaly Zettira said...

Enak banget seh dit!!! pengennnn.......

Jengjret said...

wakwawww... keduluan dia dah.. heu.. lagi nabung terus nih ditt hehe.. mau melanglangbuanaaa :P

Unknown said...

@ saly : brangkaaat..
@ azenk :ajak2 gw yaah :p

Mesayu Zaly Zettira said...

sama kaya ajenk,,belum punya duit!!